BIG LOVE OWNER

Calon Gemblung

In Tulisan Ringan on March 25, 2009 at 9:18 am

Korannya lik Dahlan Iskan yang jadi langganan di kantorku mengabarkan, sejumlah RSJ telah bersiap-siap untuk menampung korban-korban pemilu yang diprediksi bakal bergelimpangan. Lha kok RSJ? Itu peserta kampanye yang tabrakan terus gegar otak apa gimana? Bukan, tapi calon pasien RSJ korban keganasan pemilu itu adalah para cagal alias caleg-caleg gagal. Yang oleh mereka, pihak RSJ, disu’udzani bakal pada gemblung setelah nggelontor jutaan ripis, tapi gagal jadi angleg (anggota legislatif).
Geli juga baca berita itu. Ini pengurus RSJ nya juga rada-rada ngawur, walaupun kenyataannya nanti memang begitu, tapi mbok ya nggak usah gembar-gembor lewat koran gitu. Ngisin-isinke warise sing gagal dadi caleg.
Tapi mungkin maksud mereka baik, untuk sosialisai pada para caleg agar tidak usah bingung dan khawatir kekurangan tempat kalau nanti gagal terus jadi gendeng bin sutris. RSJ sudah siap menampung. Sudah disediakan tempat yang layak. Bahkan mungkin ada kelas-kelasnya tergantung sisa duit yang dimiliki setelah diporot buat kampanye.
Hemm…Tapi kalau digagas ya memang prediksi ndagel para pengurus RSJ ini masuk akal juga. Lha gimana nggak jadi edan, kalau sudah diewangi meres bondo sampai kemput, ternyata hasinya nihil. Duitnya pun muspro alias menguap sia-sia bersama asap knalpot para simpatisannya yang ogah kampanye kalo gak dikasih atribut, duit bensin, duit ganti knalpot, duit asuransi kalau kecelakaan, duit rokok, duit makan dan minum, duit koordinasi dan duit untuk setiap aktivitas yang rodo masuk akal diduitkan.
Gimana nggak puyeng, maksud hati ingin kaya dan terkenal malah jatuh mlarat. Tiwas meres dompet, adol lemah lan nggadekke omah, utang mrena-mrene, terjebul gagal menjadi wakilnya rakyat. Wakil rakyat yang mewakili rakyat nerima bantuan kalau dicanangkan, mewakili rakyat nerima sangu jika melakukan kunjungan, mewakili rakyat menghadiri pidato presiden atau menteri sambil ngontak-ngantuk trus dapat komisi, dan mewakili rakyat nunggangi mobil dinas untuk ngelencer kemana-mana. Bayangan enak ini pecah karena potonya gak banyak dicontreng. Simpatisannya lebih memilih poto lain yang pernah ngasih amplop lebih gede dan lebih sering. Orang-orang yang dulu pada PDKT saat dia nyaleg, pada bubar ra ngetokke rai babar blas setelah tahu dia gagal. Mumet, gembolone loro dan akhirnya menggemblungkan diri.
Ada yang memang gemblung beneran, tapi sepertinya bakal lebih banyak yang ethok-ethok gemblung biar gak ditagih sama yang dulu ngasih hutang.
Alasan logis inilah yang mendasari RSJ mensosialisasikan program barunya berupa penyediaan tempat untuk para cablung, caleg gemblung. Disamping itu, sebuah bukti empiris yang menyatakan bahwa konon, pilkada bupati karanganyar tahun lalu juga menelan korban yang sama. Salah seorang pengusaha sukses gemblung setelah dibujuk nyalon bupati, tapi gagal dan jatuh mlarat padahal sudah menggadaikan semua usahanya.
Wealah lakon..lakon. yowes, sing podo nduwe sedulur sing nyaleg, dibilangi, sebisa mungkin harus berhasil, atau kalau gagal ya jangan sampai gemblung dulu, siapa tahu pemilu depan bisa menang dan kalau kalah lagi ya dibilangi lagi jangan gemblung dulu, siapa tahu pemilu depannya lagi menang hihihi….

Advertisements
  1. Hidup RSJ. Sebentar lagi akan dapat rejeki nomplok….. Semakin banyak orang gila, semakin kaya perugas RSJ.

  2. wedew…..
    kowo sering makan setip ya? kok kreatip amat?

  3. “hidup orang gila …. hidup orang gila …..” sorak pegawai RSJ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: